Sabtu, 06 Agustus 2011

Penanaman LCC (LEGIUM COVER CROP) MB mucuna bracteata

Untuk penanaman kacang-kacangan ini, saya menggunakan baby bag untuk penanaman mb.
Media tanam yang saya gunakan adalah tanah subsoil, hal ini di karenakan kesulitan untuk mendapatkan media tanam dari top soil.
Sebelum ditanam, mb yang berupa biji yang keras ini di lukai sedikit kulitnya untuk mempermudah proses perkecambahan. Setelah di lukai kulitnya, biji MB tersebut di rendam air selama satu malam untuk kemudian di tanam di polybag yang telah di siapkan.
Setelah satu bulan, bibit saya tumbuh cukup baik, namun agak mengecewakan karena hasil perkecambahan tidak maksimal%. Hal ini saya maklumi di karenakan biji atau benih yang saya gunakan kurang baik mungkin karena proses penyimpanan yang cukup lama mengingat biji mb tersebut di ekspor dari india (katanya).
Rencananya setelah kacang-kacangan tersebut cukup kuat akan langsung saya taman di aral perkebunan kelapa sawit saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar