Minggu, 31 Juli 2011

Alasan menjadi petani sawit

Setelah saya membeli lahan, saya jadi bingung mau di tanami apa lahan tersebut.
Kemudian saya menelpon sahabat saya yang bernama STEPANUS BAMBANG, saya bertanya "bagusnya di tanami karet atau sawit?"......
Jawabannya sederhana "kamu mau bangun pagi 2 atau bangun siang" ?????
Jawabannya sederhana, namun masuk di akal. Artinya begini, jika kita menjadi petani karet, maka kita akan menjadi seorang penyadap karet. Sebagai seorang penyadap karet maka kita di "Wajibkan" untuk bangun pagi2. Selain itu kita juga tergantung dengan waktu dan cuaca, artinya kalau hujan tidak bisa menyadap karet.
Sebaliknya jika kita menjadi petani sawit, maka kita menjadi pemilik kebun sawit yang dalam arti kata kita bisa"mengupah" orang lain untuk melakukan segala sesuatu sampai ke panen buah. Artinya kita tidak tergantung dengan waktu dan cuaca.
Namun yang perlu juga kita perhitungan untuk menjadi seorang petani sawit adalah modal, ilmu, dan relasi.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang akan memilih untuk menjadi petani sawit yang mandiri, mohon komentarnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar